PHILIPPURWOKO: 7 cara cegah virus dan malware di Android

Minggu, 31 Desember 2017

7 cara cegah virus dan malware di Android


Android memang sangat mempraktiskan kebutuhan kita, mulai dengan internet, social media, pekerjaan, dan masih banyak lagi. Android menyediakan kita banyak hiburan pula  seperti game, musik, video dll. Selain itu kita bisa menyimpan kenangan kita dengan teman atau keluarga dengan foto atau video yang bisa kita simpan di Android. Namun, jika kita tidak hati-hati menggunakan internet atau kebutuhan lain, Android bisa terinfeksi virus dan dapat mengganggu kegiatan kita dan bahkan dapat mengambil/merusak data kita.

Banyak sekali orang yang mengeluh karena hp mereka sering error atau hang. Atau hp mereka sering reboot sendiri. Kita semua juga pastinya pernah merasa jika memory kita sering cepat penuh sendiri pada pemakaian yang normal. Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mencegah ini terjadi. Mari kita bahas cara untuk mencegah virus satu per satu.

1. Pasang antivirus berkualitas

Banyak Android yang ada antivirus bawaan, guna mengamankan user mereka. Secara umum itu merupakan antivirus standar yang direkomendasikan oleh vendor mereka. Namun saya menyarankan anda untuk menambah atau memasang antivirus lagi. Pasanglah antivirus yang berkualitas, setidaknya dengan rating bintang 4.
Contoh antivirus dengan bintang 4+ yang tersedia di Play Store

2. Scan perangkat secara rutin

Jika anda sudah memasang antivirus, anda harus sering melakukan scan. Saya sarankan anda untuk mengaktifkan scheduled scan jika tersedia, melakukan scan setelah mengintall aplikasi dan melakukan scan setelah anda browsing. Hal tersebut guna memastikan android anda aman dan tidak terinfeksi virus.

3. Hati - hati jika mau menginstall aplikasi bajakan

Jika anda mau menginstall aplikasi bajakan atau yang bukan dari play store anda harus hati - hati. Apalagi jika anda mau mendownload dari internet. Sering sekali penipuan download aplikasi terjadi. Misalnya anda mau download game versi mod agar anda dapat unlimited cash, kemudian anda download di internet di situs yang kurang terpercaya. Akhirnya yang anda download bukan game versi mod tetapi aplikasi atau game lain yang sizenya hampir sama dan nama atau informasi downloadnya sudah diganti.

4. Hati - hati saat berinternet

Saat anda browsing di internet, pasti pernah ada iklan atau pop-up. Saya menyarankan anda untuk tidak meizinkan pop-up di pengaturan browser anda jika tersedia. Sebisa mungkin jangan meng-klik iklan, karena sering sekali jika kita klik iklan kita langsung dilompatkan ke halaman tertentu yang tidak kita inginkan. Contohnya saya sedang baca artikel kemudian tidak sengaja saya klik iklan kemudian tiba-tiba masuk ke halaman game online. Walaupun tidak semua iklan seperti itu, tetapi terkadang file yang terdownload dari iklan terinfeksi virus.
Contoh iklan virus tipuan


5. Hati - hati jika mengaktifkan usb storage

Saat anda menghubungkan android ke komputer dengan USB, dan anda ingin transfer file, saya sarankan gunakan saja media device (MTP). Kecepatan transfer USB storage lebih cepat dibanding MTP tetapi MTP ini jauh lebih aman. Jika anda mau menggunakan USB storage, pastikan komputer tidak banyak terkena virus. Karena nanti virus bisa masuk ke android.


6. Gunakan aplikasi Ad-blocker

Saya menyarankan untuk menggunakan adblocker jika anda masih sulit membedakan pop-up, iklan, dan link sungguhan. Selain itu jika menggunakan ad-block kita bisa menghemat data karena data yang seharusnya untuk mendownload iklan tidak digunakan.


7. Gunakan browser ekstra aman

Browser seperti CM browser,Ad-block browser dan browser keamanan lain disarankan jika anda sering terkena virus saat berinternet. Biasanya situs yang ingin anda kunjungi akan dipindai terlebih dahulu, apakah situs itu aman atau tidak.

Ciri - ciri Android terkena virus :

  1. Performa lambat. Sering terjadi lag, loading lambat, aplikasi tidak merespon padahal spec sudah bagus dan tidak biasa atau tidak normal terjadi
  2. Battery boros
  3. Muncul pop-up atau iklan di lockscreen atau di home
  4. Memperlambat kecepatan internet
  5. Memakan banyak penggunaan kuota
  6. Saat boot memakan waktu lama
  7. Sering dialihkan ke halaman tertentu saat internetan

Kita memang harus berhati hati jika menggunakan internet, apalagi jika kita membelikan Android untuk anak-anak. Karena anak - anak jaman sekarang sering buka internet dan tidak peduli dengan virus, mereka hanya peduli dengan tujuan mereka, tetapi tidak tau yang terjadi.
Sebenarnya bagi orang-orang yang sudah pakar, mereka tidak begitu takut jika terkena virus karena mereka bisa mengatasinya sendiri. Kita hanya perlu berjaga-jaga dan selalu memastikan bahwa android kita aman dan tidak terkena virus agar tidak mengganggu keperluan kita, apalagi jika anda menggunakan Android untuk berbisnis, tentu akan sangat merugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sedang Populer