PHILIPPURWOKO: 7 cara sesuaikan tampilan Android agar lebih menarik

Kamis, 04 Januari 2018

7 cara sesuaikan tampilan Android agar lebih menarik


Android merupakan HP yang sudah sangat berkembang dan digemari di jaman sekarang. Itu karena Android sangat praktis dan mudah digunakan. Selain itu Android membuat kita nyaman dengan tampilan yang bagus dan mudah disesuaikan dibandingkan kita menggunakan HP OS lain. Mungkin bagi anda yang punya Android baru akan merasa senang dengan tampilannya dan performa yang bagus.
Android sebenarnya sangat mudah untuk disesuaikan atau di-kustomisasi. Anda bisa melakukan ini melalui Setting langsung atau melalui Setting lewat launcher jika tersedia. Di sini, anda dapat mengubah atau mengatur animasi slide, ikon aplikasi khusus, tema, transisi, dan masih banyak efek animasi lain. Tapi apakah anda tahu, sebenarnya ada banyak cara untuk mengkustomisasi tampilan di Android? Mari kita bahas satu per satu.

Note :
Mungkin mengatur custom theme, font, animasi secara langsung tidak tersedia untuk beberapa device atau HP. Anda perlu menginstall aplkasi pihak ketiga untuk mengatasi masalah ini.

1. Gunakan custom theme

Jika anda merasa bosan dengan tampilan bawaan, anda bisa menyesuaikan dengan mengganti theme. Anda bisa melakukannya dengan membuka theme di app drawer kemudian anda bisa menyesuaikan sesuai keinginan anda.

2. Gunakan custom font

Anda bisa menyesuaikan font sesuai dengan keinginan anda jika sudah bosan dengan font default. Anda bisa melakukan ini dengan buka setting >> device anda phone >> font . Anda bisa mengganti dengan font apapun yang anda sukai.

3. Gunakan widget keren

Jika anda bosan dengan tampilan home, anda bisa tambahkan widget agar dapat menghiasi home anda. Seperti widget cuaca, jam, e-mail, sampai widget 3D dapat memperindah tampilan anda daripada tidak ada widget apapun.
Contoh custom widget
dengan zooper widget app

4. Gunakan custom wallpaper

Jika anda membeli HP android baru, mungkin wallpaper default adalah gambar vector, kombinasi shape, atau view. Kalau anda sudah bosan, anda bisa mengganti dengan wallpaper yang anda inginkan. Anda bisa gunakan wallpaper HD dan wallpaper bergerak/dengan animasi HD. Anda bisa download aplikasi untuk HD wallpaper di Play Store. Atau anda mau ganti dengan wallpaper foto khusus. Caranya sangatlah mudah, semua orang bisa melakukannya. Anda hanya perlu buka galeri kemudian pilih gambar yang diinginkan dan set sebagai wallpaper.

5. Gunakan custom animasi

Jika anda bosan dengan tampilan yang sangat simpel, anda bisa mengatur animasi khusus. Anda bisa melakukannya dengan buka setting launcher sesuai dengan HP atau launcher anda masing - masing. Anda bisa mengatur animasi scrol, app drawer dan masih banyak.

6. Gunakan custom launcher

Saat anda menggunakan HP baru, itu artinya anda menggunakan launcher default, walaupun anda bisa mengkustomisasikan penampilan. Tetapi yang satu ini, anda bisa membuat banyak penyesuaian. Anda bisa mengatur custom animasi, wallpaper, widget, font, dan theme sekaligus sesuai dengan launcher yang anda gunakan.
Contoh custom launcher : TSF Launcher

7. Gunakan custom ROM

Kenapa menggunakan custom ROM? Karena kita bisa menyesuaikan tampilan android secara penuh dan bebas. Kita bisa mengatur animasi boot, logo boot, custom animasi, custom system ui dan masih sangat banyak yang bisa diatur sendiri sampai ikon di navbar seperti logo sinyal dan baterai pun bisa dibuat custom. Ini adalah solusi terbaik bagi anda yang sudah bosan dengan HP anda. Anda bisa menginstall versi android yang lebih tinggi dengan custom ROM dan anda juga dapat meningkatkan performa anda ke level jauh lebih tinggi. Banyak sekali orang menggunakan ini, namun banyak juga orang yang tidak mau menggunakan cara ini karena syaratnya adalah Android anda harus diROOT.



Mengganti penampilan sesuai keinginan sendiri memang membuat HP anda lebih menarik dan tidak bosan. Apalagi untuk HP dengan versi android Jellybean ke bawah, tentu akan sangat membosankan jika dibandingkan dengan android versi marshmallow ke atas. Namun anda tak perlu ganti HP anda bisa menyesuaikan penampilan sesuai dengan keinginan.

Khusus untuk pengguna ROOT, anda bisa menyesuaikan penuh hp anda, baik penampilan maupun performa. Karena ROOT akan memberikan full permision atau askes penuh. Contohnya saya pengguna Andromax C Jellybean, saya install custom ROM Samsung galaxy S5 dan android Lolipop. Maka keseluruhan tema akan berubah seperti HP Samsung Galaxy S5 dan android upgrade ke versi Lolipop tanpa biaya.

Smartfren Andromax C JB yang diinstall
custom ROM menjadi Samsung S5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sedang Populer