PHILIPPURWOKO: 5 alasan kenapa nge-ROOT Android

Sabtu, 30 Desember 2017

5 alasan kenapa nge-ROOT Android


Perkembangan teknologi memunculkan ilmu atau pengetahuan yang baru. Ada ada saja, seperti dengan android. Walaupun sudah beli android, banyak juga yang ingin mengotak-atik android. Salah satunya nge-ROOT android. Mungkin bagi anda yang belum pernah mengutak-atik android atau belum lama pake HP android, anda tidak tau apa itu ROOT. Terkadang bagi mereka yang ingin mengotak-atik android mereka ragu untuk nge-ROOT. Walaupun mereka tentunya tahu ada banyak sekali orang yang berhasil nge-ROOT. Mari kita bahas satu per satu.

Apa itu ROOT ?

Berikut adalah apa itu root menurut wikipedia:

Rooting adalah proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet dan perangkat lain menjalankan sistem operasi mobile Android untuk mendapatkan kontrol istimewa (dikenal dengan akses root) melalui berbagai subsistem Android. Karena Android menggunakan kernel Linux, rooting perangkat Android memberikan akses yang serupa ke izin administratif (superuser) seperti pada Linux atau sistem operasi mirip Unix lainnya seperti FreeBSD atau macos.

Kita bisa menyimpulkan bahwa root dapat memberikan kita sebuah kontrol administrator dan artinya kita bisa menggunakan Android secara bebas tanpa ada batas izin. Dengan kata lain, kita bukan cilent atau guest lagi, kita adalah admin.

Rooting sering dilakukan dengan tujuan mengatasi keterbatasan yang dipasang oleh produsen perangkat dan perangkat keras pada beberapa perangkat. Dengan demikian, rooting memberi kemampuan (atau izin) untuk mengubah atau mengganti aplikasi dan pengaturan sistem, menjalankan aplikasi khusus ("apps") yang memerlukan izin tingkat administrator, atau melakukan operasi lain yang tidak dapat diakses pengguna Android biasa. Di Android, rooting juga dapat memfasilitasi penghapusan dan penggantian keseluruhan sistem operasi perangkat, biasanya dengan rilis sistem operasi yang lebih baru.

Tentunya bagi seseorang yang ingin mengutak atik HP android, mereka harus nge-root android terlebih dahulu. Dan mereka baru bisa bebas mengutak atik sesuai dengan keinginan mereka sendiri alias bebas.

Dampak ROOT

ROOT memiliki dampak negatif dan positif. Karena ingin mendapatkan kontrol admin atau full control, tentunya ada dampak negatifnya pula.

Alasan nge-ROOT Android :

  1. Full control kernel alias sebagai admin, bukan cilent atau guest. Kita bisa bebas melakukan overclock atau underclock CPU dan GPU secara bebas sesuai keperluan kita sendiri
  2. Full control aplikasi, kita bisa dapat izin superuser atau izin admin. Kita bisa bebas melakukan backup / restore melalui aplikasi, edit aplikasi, dan menghapus/uninstall aplikasi bawaan yang tidak kita perlukan
  3. Kita bisa menyesuaikan tema, tampilan dengan mudah sesuai keinginan kita sendiri
  4. Kita bisa mengkustomisasi animasi, seperti menginstall boot animasi khusus, animasi charge battery khusus
  5. Kita bisa install custom firmware. Lebih dikenal dengan custom ROM atau disingkat cusrom. Atau kita bisa install custom aplikasi seperti Xposed, Busybox dan masih banyak lagi
Alasan ragu / takut nge-ROOT Android :
  1. Hilangnya garansi
Anda bisa menyesuaikan kepentingan anda sendiri, dengan ingin melakukan ROOT atau tidak. Bagi anda yang suka mengutak-atik android, tentu anda pasti/harus ROOT android. Tapi bagi anda yang tidak suka, anda tidak harus ROOT android. Ditinjau dari dampak positif dan negatif, dengan melakukan ROOT ini, kita bisa dapat banyak keuntungan. Dan jika anda seorang opreker android dan anda memakai hp yang belum diROOT, pasti anda merasa tidak bebas.
Contoh top custom ROM untuk Android

Banyak orang ragu melakukan ROOT karena harus kehilangan garansi dan mereka takut resiko jika root gagal akan membuat hp bootlop. Sebenarnya itu tidak benar,ROOT gagal tidak akan membuat hp bootlop,menurut pengalaman saya sendiri, itu belum pernah terjadi. Root memberikan lebih banyak dampak positif daripada dampak negatif. Dan jika anda merasa sulit jika tidak ada garansi, dan hp anda error, anda tidak perlu pergi ke toko dan menggunakan garansi, melainkan anda bisa memperbaiki error itu sendiri karena anda bukan guest lagi. Meskipun sama-sama biaya nol, dengan memperbaiki sendiri akan lebih efektif dan anda juga bisa untung karena bisa mengerti bagaimana sistem android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sedang Populer